Nambah Power, Akselerasi & RPM pada Scorpio Z

Tunggangan dgn ban gambot kaya di atas pasti  berefek pada tarikan awal/ akselerasi terasa berat, apalagi kalo melewati tanjakan. Makanya begitu ganti ban gambot , salah satu cara ngatasi tarikan yang berat adalah  gear pio dipensiunkan ganti dgn gear yang punya diameter besar seperti tiger. Alhasil tarikan lebih baik namun msh terasa berat dan top speed berkurang karena pemakaian gear yg besar. (bandingkan  ban gambot 180  velg 4.5” dibanding standar ban 100 velg 2.5″).
Setelah baca artikel & referensi dr para bikers akhirnya gue putuskan u/ memperbaiki sistem pengapian & kelistrikannya, karena penggantian gear sdh ngga bisa dihindarkan lagi. Pertama yang dilakukan adalah :

# Ganti CDI standar ke CDI BRT hyperband alat ini ditebus 375ribu & pemasangan sangat simple tinggal PNP. CDI BRT ini dipercaya mumpumi u/:
– rpm 2000 ~ 2500 up
– horse power up
– torsi up


# Pasang pengstabil/ stabilizer  tegangan merek Hurricane XCS, yg dipercaya mampu mengatasi tegangan yg unstabil. Alat ini ditebus 250 ribu. Dgn tegangan stabil diharapkan pembakaran tetap sempurna , walau beban listrik maksimal.


# Coil standar ganti coil Racing KTC
Coil racing dipercaya bakal menghasilkan output tegangan /volt 2x lebih besar dr coil standar..
# Setelan bensin & angin ditambah agar pengapian kaga kering dan apalagi pengapian busi dijamin lebih gede shg diharapkan tarikan atas makin kuat…


# Busi iridium denso tak ketinggalan di pasang untuk mengakomodir tegangan yang besar yg keluar dari coil racing shg makin sempurna proses pembakaran..

Hasilnya…..
Luar biasa dengan ban gambot akselerasi seperti pake ban standar 100/90-18-56P bahkan terasa lebih cepat , sangat2 responsif. Dan rpm tembus diyakini bisa tembus 11.000 sekian( sorry kaga akurat, soalnya speedometer byson cuma mentok diangka 10.000 rpm kecepatan 100 km/jam gigi 3, sementara gas ditarik rpm terus nambah kecepatan msh bisa tembus 107 km/jam ), lampu utama lebih terang & klakson lebih keras…..
U/ para biker bisa coba tip2 di atas, pasti puas……..apalagi kalo perubahan dilakukan pada pio yg masih standar…!!

 

 

 

About vidi1970

Biker Modifikasi Motor
Pos ini dipublikasikan di MODIFIKASI MOTOR. Tandai permalink.

7 Balasan ke Nambah Power, Akselerasi & RPM pada Scorpio Z

  1. pio nsz berkata:

    uedan tenan, tapi asik banget tu bro buat experimen

  2. samson berkata:

    Kurang setuju sama koilnya om, spec penambah tenaga saya sama persis dengan pio om, pio saya thn 2009 (pio z) velg jari2 TK tubles by boby JMC Condet, depan TK 250 ban 100/80/17 (IRC ninja) belakang TK 350 ban 140/70/17 BT92 (brigston), bedanya saya tetap pake koil standart + ninepower (2biji) rencananya mau upgrade koil pake yz125…BRT jangan di kimpoy sama koil racing om, ntar koilnya modar..:d, Btw pionya mantap tenan om…(y) gabung om sama club pio, banyak acaranya om, hampir tiap bulan kita ada kopdar bareng seluruh club pio jabodetabek, tiap 2 bulan ada kopdar bareng seluruh pio se jawa, asyik om banyak kawan di seluruh nusantara tercinta ini, :d bravo scorpio, tanggal 11 feb 2012 ini ada kopdar pio jawa di ponorogo, mau ikut om..??

    • vidi1970 berkata:

      Ooh gitu ya bro….
      Kita emang lg eksperimen……
      tp so far hingg kini ngga masalah…..
      btw thank you uda kasih advise……
      kalo u/ tgl 11 sepertinya ngga bisa joint mungkin next…
      Salam buat member clib pio.

  3. eko berkata:

    semuanya habiss brapa om low aq modif pio aq ?aoalnya aq tertarik bnget liatnya nie no aq 08771438133 kapan2 hubngin ya om ?mkasihhh

  4. alek berkata:

    Halo mas…
    Mas kalau pengapian di ganti seperti mas punya, apa gak ada ubahan pada jalur kabel2 pengapianya mas, soalnya pio saya agak sendat2 kurang nyaman rasanya,
    Mohon infinya ya mas…
    Makasi mas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s